Monday, September 27, 2010

Selamat Hari Ulang Tahun Google ke-12

. Monday, September 27, 2010

Kue ulang tahun Google Ke-12 (Foto: Telegraph)

Bila Anda melirik situs pencarian Google hari ini, pasti menemukan sebuah doodle menarik yaitu sebuah kue ulang tahun. Hari ini Google memang merayakan ulang tahunnya yang ke 12.

Doodle adalah simbol, gambar, atau ikon, yang diciptakan khusus dan di pasang di atas kolom mesin pencari Google. Biasanya gambar-gambar itu diciptakan untuk merayakan sesuatu atau memperingati peristiwa bersejarah, penemuan, dan sebagainya.

Khusus untuk doodle hari ini adalah gambar kue yang didesain oleh artis berusia 89 tahun dari Los Angeles, Wayne Thiebaud, yang direproduksi. Thiebaud terkenal karena karya-karya seni popnya. Ketertarikan tokoh ini adalah obyek-obyek dari kebudayaan massal.

Google yang berbasis di California itu pertama kali didirikan menjadi perusahaan swasta pada 27 September 1998. Namun sebelumnya Google adalah sebuah proyek riset dari Sergey Brin dan Larry Page yang disebut "Google Guys", pada Januari 1996. Saat itu keduanya masih berstatus mahasiswa doktoral di Universitas Stanford.

Untuk memperingati sesuatu, desainer Google mengubah logo Google di atas kolom pencarian. Inilah yang disebut doodle itu.

Doodle pertama muncul pada Agustus 1998 ketika Sergey Brin dan Larry Page, pendiri Google mendesain satu untuk Burning Man Festival. Lalu pada Oktober 1999 ditampilkan doodle Halloween.

Pada 1999 Google menampilkan kartu Natal dengan gambar manusia salju. Lalu pada Mei dan Juni 2000 ditampilkan doodle untuk hari Ibu dan Hari Ayah.

Pada Oktober 2009 Google mendesain sebuah barcode untuk menandai penemuan barcode oleh Bernard Silver pada 1948. Sedangan 5 Juni 2010 Goole mendesain hologram untuk menghormati penemunya, Dennis Gabor.

Beberapa doodle lain adalah peringatan 71 tahun film The Wizard of Oz, dan peringatan 213 tahun Mary Shelley, penulis Frankenstein.

Google juga pernah menggambarkan "buckyball" untuk memperingati 25 tahun penemuan molekul karbon yang mengandung 60 atom itu. Lantas pernah juga memperingati ulang tahun ke-30 game lawas Pac-Man. Doodle paling menarik perhatian adalah bola-bola warna-warni yang menjadi misteri, belakangan rupanya itu bercerita tentang cara pencarian yang lebih cepat dari Google.

2 comments:

desy@jak-stik.ac.id said...

Selamat Ulang tahun untuk google, semoga tetap menjadi nesin pencari yang terpopuler dan dapat membuat sesuatu yang baru lagi. Terima kasih

kosdiana@jak-stik.ac.id said...

selamat ulang tahun geogle...semoga sukses selalu dan maju.dan semoga penemuan2nya makin sukses.
terima kasih