Tuesday, December 17, 2013

PLL FM Modulator

. Tuesday, December 17, 2013

Mungkin sudah tidak asing lagi dengan pemancar dengan modulator FM dan juga mungkin karena keterbatasan bahan matrial alias komponen di pasaran yang mulai rada punah perangkat mini ini bisa menjadi alternatif untuk PLL, disini saya coba ber eksperimen membuat PLL dengan memanfaatkan barang yang ada.
salah satu komponen yang diperlukan tentunya perangkat FM Modulator yang banyak di jual di pasaran, Toko komputer yang menjual accessories, counter HP dll....

Keunggulan perangkat ini selain banyak dipasaran dan harga murah meriah sekitar 25-45 Ribu ( itu didaerah tempat saya ) fasilitas di perangkat ini fiturnya sudah lengkap dengan kualitas suara yang tergolang baik dan stabil. antara lain dilengkapi dengan PLL+LCD mini dan Encoder Stereo serta Audio Input, dan tentunya dapat juga memutar MP3 melalui Flasdisk dan Memory,  namun perlu diperhatikan saat membeli modulator ini, karena tidak semua modulator yang ada di pasaran dapat sepenuhnya digunakan untuk membuat pemancar, antara lain Lock Frequency dan Jack AUX Audio. hal ini penting karena ada juga produk yang beredar dipasaran yang tidak dapat menyimpan program frekuensi dan harus mensetting ulang frekuensi setiap perangkat dinyalakan dan pasilitas untuk line input audio.

berikut penampakan Modulator yang saya acak-acak : D



setelah eksperimen dan ternyata berjalan mulus maka langkah berikutnya adalah menaikan watt (boster) agar perangkat bisa memancar lebih jauh.

Hasil Ujicoba :




* Keunggulan perangkat :
- Murah Meriah
- Mudah didapat
- Fitur Pemancar Lengkap PLL+LCD dan Encoder Stereo kualitas audio OK (Stereo Low Noise)
- Fitur USB dan Memory Card 

* Kelemahan :
- Harmonik Sulit dikendalikan di watt yang besar.
- Terlalu kecil sulit untuk disolder dan didesain di board untuk blok RF oscilator.
- Daya pancar terlalu kecil
- Tidak semua perangkat Log frekuensi dan ada fasilitas Audio Input

0 comments: